img
3/19/2021

Tips agar Anak Kost Bisa Menabung untuk Beli Apartemen

nuansapondokkelapa.id, Jakarta Timur – Anak kost terkenal akan kehidupannya yang hemat karena uang yang pas-pasan dan belum memiliki penghasilan tetap. Namun, ini tidak menutup kemungkinan untuk anak kost tetap bisa menabung dan menyisihkan uang. Lantas, apa langkah yang tepat untuk anak kost agar bisa menyimpan uang?

  1. Buka rekening khusus

Di masa sekarang ini, sudah banyak layanan perbankan yang membuka pilihan rekening baru sebagai rekening terpisah dari rekening asli yang sering digunakan. Kamu bisa memaksimalkan layanan ini, agar uang yang kamu simpan berada pada rekening yang berbeda, sehingga akan sangat repot bila kamu ingin menggunakannya dan kamu juga bisa memisahkan mana uang yang digunakan dan mana uang yang ingin disimpan.

  1. Atur prioritas

Buatlah sebuah daftar prioritas yang singkat dan jelas. Utamakan kebutuhan penting yang harus kamu penuhi demi kelangsungan hidup, seperti uang makan, uang biaya kost, dan uang berbelanja kebutuhan sehari-hari. Dengan membuat daftar ini, kamu jadi bisa mengetahui bahwa hal-hal yang berada pada daftar terbawah adalah hal-hal yang tidak terlalu penting dan tidak perlu kamu utamakan.

  1. Jangan remehkan koin!

Kadang, karena kerepotan bertransaksi, kamu jadi sembarangan menaruh koin yang bernilai kecil seperti 500 perak atau 1.000 rupiah. Padahal, jika dikumpulkan sedikit demi sedikit, koin-koin tersebut bisa bernilai lebih dan bisa kamu gunakan untuk hal yang penting. Seperti misalnya, jika kamu menabung koin 1.000 rupiah dalam sehari, maka dalam satu bulan kamu sudah bisa memiliki 30.000 rupiah. Lumayan, bukan?

  1. Tentukan tujuan

Mungkin karena tidak adanya tujuan, kamu jadi malas untuk menabung dan menyisihkan uang. Jadinya, kamu selalu menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang kamu butuhkan saat ini, tanpa memperdulikan hal-hal yang kamu butuhkan di masa depan. Tentukanlah tujuan baru agar kamu menjadi semakin bersemangat menabung, seperti ingin beli handphone baru, laptop baru, atau pindah kostan ke tempat yang lebih layak.

  1. Cari pekerjaan sampingan

Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, mahasiswa biasanya memiliki waktu luang yang bisa digunakan untuk pekerjaan sampingan atau sekedar freelance. Coba cari penghasilan tambahan dari pekerjaan yang bisa kamu lakukan di waktu senggang, supaya uang yang kamu dapatkan bisa lebih banyak dan lebih menguntungkan.

 

Yang terpenting dari segala tips di atas adalah kamu harus mengumpulkan niat yang kuat. Jangan bermalas-malasan dan jangan mudah tergiur oleh gaya hidup yang sembarang, karena tentu sangat lebih baik jika kamu menabung sedikit demi sedikit untuk mempersiapkan masa depan yang lebih matang.

Kamu juga harus memilah mana properti terbaik yang ingin diinvestasikan. Menara Swasana dapat menjadi pilihan yang tepat dengan harga terjangkau, fasilitas maksimal, dan letak strategis, sesuai dengan yang dibutuhkan oleh generasi muda seperti kamu saat ini. Penasaran informasi lebih lengkapnya? Hubungi kami sekarang! (JES)