img
3/1/2021

3 Manfaat Tanaman yang Berguna di Dalam Apartemen!

nuansapondokkelapa.id, Jakarta Timur – Mempercantik hunian dengan kesan natural bisa dilakukan dengan harga yang terjangkau melalui berbagai tanaman hias yang bisa Anda taruh di dalam apartemen. Tentu memiliki hunian jenis apartemen tidak seharusnya menjadi halangan untuk Anda yang suka bercocok tanam, karena Anda tetap bisa menggunakan tanaman indoor yang tak membutuhkan sinar matahari atau lahan luar yang luas.

Seperti misalnya, Anda bisa menaruh tanaman jenis Peace Lily, Kaktus, Lidah Mertua, atau tanaman-tanaman indah lainnya. Dengan memilih tanaman yang indah dan mudah dirawat tersebut, hunian Anda tidak hanya akan mendapatkan kesan yang lebih natural, tetapi Anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat lain, seperti:

  1. Menghasilkan Kadar Oksigen yang Bersih

Fungsi utama tanaman yang bisa Anda dapatkan secara langsung adalah kemampuannya untuk mengganti udara kotor atau karbondioksida yang dihasilkan oleh tubuh manusia, dan menyaringnya menjadi oksigen bersih yang bisa dihirup oleh Anda dan keluarga.

  1. Mencegah berbagai Penyakit yang Membahayakan

Tanaman hijau yang asri juga bisa mempengaruhi kesehatan Anda, lho! Aspek natural dan kehijauan yang dihasilkan oleh tanaman diyakini bisa mengurangi stres, menjaga daya tahan tubuh, dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh paru-paru kotor, seperti asma, pnemumonia, bahkan virus corona yang berbahaya dan masih menyebar di tengah masyarakat hingga saat ini.

  1. Mengusir Nyamuk

Merasa risih karena banyak nyamuk di apartemen? Daripada menggunakan bahan kimia yang berbahaya, sebaiknya Anda memaksimalkan tanaman hijau juga mampu mencegah nyamuk agar tidak hidup di dalam hunian. Salah satu contoh tanaman hias terkenal yang sering digunakan sebagai pembasmi nyamuk adalah lavender. Anda bisa menaruh jenis tanaman ini di sekitar ruangan hunian, agar Anda dan keluarga bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa khawatir nyamuk.

 

Melestarikan budaya bercocok tanam secara langsung juga turut mendukung ketahanan pangan di tengah Ibu Kota. Apalagi, Jakarta telah menjadi pusat bisnis yang meningkatkan jumlah polusi berbahaya di tengah udara, sehingga tanaman dapat menjadi solusi cerdas yang baik bagi lingkungan. (JES)